sastra

Sabtu, 24 November 2012

Siapa yang Bodoh


Siapa yang bodoh
Aku atau mereka?
Awalnya mulut berkoar-koar
Sambil mengangkatkan tangan membelanya

Siapa yang bodoh
Aku atau mereka?
Saat kami sedang duduk berdiskusi
Dengan secangkir kopi membahas tentang dia

Siapa yang bodoh
Aku bilang dia bagus
Mereka kata dia tak layak

Aku kata dia orang pandai
Mereka bilang dia pandai membodohi

Aku jawab “dia tak pernah membodohi”
Mereka sahut lagi “kau saja yang mau dibodohi”

Sekarang siapa yang bodoh?
Aku atau mereka?
Aku bilang ini “dia menghargai seni”
Mereka bilang “seni itu tak ada harga (kata dia)”

Aku bilang itu
Mereka bilang lagi ini

ini itu, itu ini
itu ini, ini itu
itu itu, ini ini
aku jadi bingung

Sebenarnya siapa sih yang bodoh!

                                                                                         Rahmatsyah, 22 November 2012

* Puisi ini telah dibacakan pada acara "Seni, Kebohongan dan Pembodohan" Banda Aceh 23 November 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar